Hukum Tertulis yang Kedudukannya Tertinggi di Indonesia adalah?

Hukum Tertulis yang Kedudukannya Tertinggi di Indonesia adalah?

Dalam hukum tertulis yang kedudukannya tertinggi di Indonesia adalah Undang-Undang Dasar 1945. Pada pembukaan UUD 1945 terdapat beberapa susunan, terdiri dari pembukaan, batang tubuh dan juga penjelasan. Hukum yang berlaku di Indonesia berasal dari sini.

Hukum Tertulis yang Kedudukannya Tertinggi di Indonesia adalah?

Indonesia merupakan negara hukum yang semua keputusan dilandaskan dari hukum-hukum di negeri ini. Terdapat beberapa hukum tertulis di Indonesia. Pembentukannya memiliki tujuan sama, yakni menegakkan hukum dan juga memberikan keadilan.

Berikut adalah rangkuman penjelasan-penjelasan singkat dari www.kuismedia.id:

Undang-Undang Dasar 1945

Hukum dalam Undang-Undang Dasar 1945 menjadi hukum tertulis yang paling tinggi kedudukannya. Karena memang setiap keputusan negara diambil berdasarkan hukum satu ini. Setiap warga negara juga wajib untuk mematuhinya agar dapat tercipta lingkungan masyarakat damai.

Hukum Tertulis yang Kedudukannya Tertinggi di Indonesia adalah?

Pengambilan keputusan dalam sidang juga diambil dari UUD 1945. Hakim Harus berpegang teguh pada hukum tertulis tertinggi ini jika akan mengambil keputusan hukuman untuk terdakwa. Dengan begitu akan dapat tercipta masyarakat yang taat hukum di Indonesia itu sendiri.

Ketetapan MPR

Majelis Permusyawaratan Rakyat atau biasa disingkat MPR adalah salah satu hukum tertulis di Indonesia. Kedudukannya tertinggi kedua setelah Undang-Undang Dasar 1945. Selain itu, MPR juga memiliki tugas untuk mengangkat dan sekaligus memberhentikan presiden.

Setiap keputusan MPR dapat dijadikan sebagai fatwa hukum setelah Undang-Undang Dasar 1945. Terutama jika permasalahan yang dihadapi tidak terdapat hukumnya dalam UUD. Tentu pengambilan keputusan bisa diwakilkan dengan ketetapan dari MPR itu sendiri.

Undang-Undang

Dalam negara Indonesia ada juga undang-undang yang sudah diatur untuk memutuskan berbagai macam permasalahan. Terutama jika problem tersebut tidak tercantum dalam UUD 1945. Perlu diketahui bahwa undang-undang dan UUD 1945 adalah naskah hukum tertulis yang berbeda.

Keduanya memang sama-sama menjadi landasan hukum di negara Indonesia. Namun, memiliki titik perbedaan masing-masing dan tidak bisa disamakan satu sama lain. Karena tentu dua hukum tertulis Indonesia ini adalah sesuatu yang berbeda.

Jadi, jawaban yang tepat untuk pertanyaan mengenai hukum tertulis yang kedudukannya tertinggi di Indonesia adalah?

Jawaban: Undang-Undang Dasar 1945.

Itulah sedikit pembahasan singkat mengenai hukum tertulis yang kedudukannya tertinggi di Indonesia adalah? Ada banyak jenis hukum tertulis yang diciptakan di Indonesia. Semuanya berfungsi untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan mengenai dunia hukum.