bisnis

Mass Marketing : Pengertian dan Kelebihan Terbaru

×

Mass Marketing : Pengertian dan Kelebihan Terbaru

Share this article
Mass Marketing : Pengertian dan Kelebihan Terbaru

Mass marketing adalah strategi memasarkan produk dengan cara menargetkan pasar massal seperti yang dijelaskan oleh situs Bisnisman.id. Karena itu, dikenal dengan nama pemasaran massal menjual barang kepada konsumen dengan kebutuhan homogen. Sedangkan pasar massal artinya tempat bertemunya penjual dan konsumen dengan kebutuhan bersifat umum. 

Mass Marketing

Perusahaan dalam melakukan pemasaran massal tidak fokus pada segmentasi pasar. Artinya semua orang konsumen di pasar dianggap memiliki kebutuhan yang sama. Produk yang ditawarkan pun tidak secara khusus untuk memenuhi selera atau minat masing-masing konsumen. Terdapat 3 kelebihan mass marketing adalah sebagai berikut.

Mass Marketing : Pengertian dan Kelebihan Terbaru

  • Mudah Mendapatkan Pelanggan

Bagi Anda yang sering pergi ke pasar, pasti tahu kondisi tempat tersebut. Berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tersedia. Misalnya, beras yang dibutuhkan oleh semua orang untuk bertahan hidup. Ada sayur, bumbu dapur, ikan dan keperluan lainnya. 

Pemasaran massal lebih mudah menemukan pelanggan potensial. Misalnya perusahaan supplier beras. Menawarkan beras ke semua orang baik penjual dan pembeli. Meskipun terdapat beberapa jenis beras, tetap saja orang akan beli. Perusahaan tidak perlu repot merubah beras sesuai keinginan konsumen. 

  • Penjualan Meningkat

Kelebihan mass marketing selanjutnya yaitu meningkatkannya penjualan. Alasannya karena banyak pelanggan potensial tadi, Anda bisa dengan mudah meyakinkan mereka untuk membeli produk. Jika produk ditawarkan merupakan kebutuhan sehari-hari, biasanya tidak sulit mendapatkan konsumen. 

Anda menawarkan dengan cara yang sama, materi promosi sama, pelayanan sama, mungkin harga yang berbeda sesuai jenis produk. Hal ini Anda terapkan pada pelanggan potensial dimana hampir semua orang memiliki kebutuhan sama, jelas sekali mudah menarik perhatian konsumen. 

  • Minim Biaya

Pemasaran massal juga tidak membutuhkan banyak biaya. Sebab di sini yang digunakan hanya satu pendekatan untuk semua calon konsumen. Misalnya, memasarkan dengan cara memperlihatkan produk langsung ke target pasar. Tidak perlu banyak dana untuk mencetak brosur atau billboard. 

Jika menggunakan media massa, pengguna dana juga tidak banyak. Apalagi saat ini ada media fitur gratis bisa Anda manfaatkan untuk promosi produk. Tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran, target pasar tetap bisa dijangkau lebih luas. 

3 kelebihan mass marketing adalah mudah mendapatkan konsumen, hemat biaya dan meningkatkan penjualan. Selain itu, harus diketahui juga bahwa konsep pemasaran seperti ini kurang rentan terhadap perubahan selera.