Tips

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Berbulu Lebat dan Sehat

×

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Berbulu Lebat dan Sehat

Share this article
Cara Merawat Kucing Kampung Agar Berbulu Lebat dan Sehat

Tidak seperti kucing ras yang punya bulu lebat dan panjang, kucing kampung bulunya cenderung pendek dan tipis. Apakah Anda ingin peliharaan kucing kampung berbulu lebat? Anda perlu mengetahui cara merawat kucing kampung agar berbulu lebat dan sehat terawat.

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Berbulu Lebat

Walaupun pada dasarnya bulu kucing kampung pendek seperti foto di kucingku.id, tapi Anda bisa melakukan perawatan agar bulu kucing kampung jadi lebat. Seperti diketahui, bahwa sebenarnya kucing kampung tidak membutuhkan perawatan ekstra. Namun, jika ingin bulunya lebat, Anda bisa melakukan perawatan berikut ini:

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Berbulu Lebat dan Sehat

1. Mandikan Kucing Secara Teratur

Anda yang merawat kucing kampung di rumah, pasti akan jarang memandikannya. Selain kucing kampung tidak suka mandi, kucing bisa self grooming atau mandi sendiri dengan menjilati bulunya. Akan tetapi, memandikannya dengan air dan sabun akan membuat bulunya jadi lebih indah.

Memandikan kucing dengan teratur akan mampu membuatnya lebih bersih karena kotoran pada tubuh dan bulu kucing bisa dihilangkan. Kotoran yang menumpuk dan jarang dibersihkan bisa menyebabkan pertumbuhan jamur. Ini akan berpengaruh pada kerontokan bulu.

2. Rutin Menyisir Bulu Kucing

Apabila ingin memiliki kucing kampung yang bulunya indah dan lebat, Anda bisa sisir rambut dengan teratur. Bulu yang rontok bisa disingkirkan pada saat menyisir bulu dengan sisir khusus. Selain itu, kucing juga akan terhindar dari menelan bulu rontoknya sendiri saat menjilati tubuhnya.

Bulu rontok yang menempel pada tubuh kucing justru akan menjadi parasite. Sehingga akan berpengaruh pada kesehatan tubuh kucing. Anda bisa menyisir bulu kucing setidaknya satu minggu sekali setelah memandikannya.

3. Perhatikan Nutrisinya

Perawatan bulu kucing agar bisa lebat tidak hanya dilakukan dari luar saja, namun dari dalam juga. Nutrisi dari pakan yang diberikan sangat berpengaruh pada perkembangan bulu kucing. Utamakan makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi, sehingga bisa merangsang pertumbuhan bulu.

Lemak akan menjadi sumber energi unggulan. Sedangkan pada lemak, terdapat asam lemak yang kaya akan omega 3 dan 6. Selain itu, protein juga sangat bermanfaat untuk membentuk jaringan tubuh dan mampu menumbuhkan bulu dengan kondisi semakin sehat.

4. Menjaga Suhu Ruangan

Kucing kampung juga membutuhkan suhu ruangan agar bulunya semakin lebat. Bulu mampu mengendalikan suhu tubuh, terlebih pada saat suhu tinggi. Normalnya, tubuh kucing suhunya diantara 38-39 derajat celcius.

Suhu udara di atas 39 derajat celcius, akan membuat bulu kucing rontok karena terlalu panas. Maka dari itu, anda harus memastikan bahwa kucing berada di suhu ruang agar rambut kucing tidak rontok.

Sebenarnya cara merawat kucing kampung agar berbulu lebat dan sehat cukup mudah. Anda bisa menerapkan beberapa tips yang sudah disampaikan di atas, agar kucing kampung yang dipelihara bisa memiliki bulu yang indah.