Jelaskan Pengertian Haji, Rukun dan Hukumnya

Jelaskan Pengertian Umrah, Rukun dan Hukumnya

pengertian Haji akan memberikan definisi berupa kegiatan beribadah di tanah suci yang terdiri atas rangkaian rukun. HAJI sendiri berbeda dengan ibadah Umroh meski dilakukan di kota yang sama. Ibadah satu ini memiliki waktu pelaksanaan yang lebih fleksibel serta biaya keberangkatan lebih ringan.

Jelaskan Pengertian Haji

Jelaskan Pengertian Umrah, Rukun dan Hukumnya

Ibadah HAJI menjadi salah satu saraan bermunajat dengan lebih dekat kepada Sang Pencipta. Banyak orang menjadikan ibadah ini sebagai langkah sebelum menunaikan kewajiban yang masuk dalam rukun islam. Sama halnya dengan haji ibadah Haji juga memiliki banyak hikmah, manfaat serta pahala.

Adapun sebelum melakukan ibadah ini perlu diperhatikan wajib Haji yakni mengenakan ihram dari miqat serta meninggalkan hal-hal yang dilarang selama ibadah Haji. Jika telah memenuhi hal-hal tersebut maka dapat melanjutkan ke rukun-rukun secara tertib.

Di Indonesia terdapat berbagai biro jasa perjalanan  haji yang menyediakan berbagai fasilitas guna menunjang kegiatan beribadah jamaah. Salah satunya yakni haramainku yang memiliki banyak keunggulan dan kelebihan serta terpercaya dalam memfasilitasi ibadah ini.

Rukun Haji

Kata rukun mengartikan suatu rangkaian kegiatan yang wajib dilakukan serta terdapat konsekuensi tersendiri apabila salah satunya tidak terlaksana. Rukun ini pula yang perlu dipelajari selama persiapan keberangkatan ibadah. Diantara rukun rukun tersebut adalah sebagai berikut.

  • Ihram Niat haji dari miqat
  • Wukuf di arafah yang artinya berhenti di padang arafah
  • Melaksanakan tawaf di Ka’bah sebanyak 7 Kali
  • Melaksanakan Sa’i dari bukit Safa ke bukit Marwah sebanyak 7 Kali
  • Melaksanakan tahallul atau mencukur rambut
  • Menunaikan satu demi satu rukun dengan tertib

Apabila terdapat salah satu atau beberapa rukun yang tidak di laksanakan, maka ibadah yang dilakukan dihukum tidak sah. Dengan demikian perlu adanya pengulangan atau penyelesaian dari rukun yang ditinggalkan tersebut.

Hukum Haji

Apapun hukum ibadah Haji adalah sunnah yakni memiliki pahala yang sangat besar apabila di kerjakan namun tidak berdosa jika di tinggalkan. Akan tetapi sebagai seorang muslim yang beriman ibadah satu ini perlu menjadi impian dan target untuk dicapai

Hal ini dimaksudkan agar mengalir pahala dan keberkatan serta banyak hikmah lainnya yang dapat dipetik. Di samping itu ibadah umrah juga merupakan suatu tentu ketakwaan dan pendekatan diri kepada sang Ilahi.

Demikian informasi tentang jelaskan pengertian Haji beserta rukun dan hukumnya. Mari mensucikan hati dan membangun niat untuk menunaikan ibadah mulia di tanah suci.