Uncategorized

5 Tips Menata Rumah Type 36 Agar Terkesan Lebih Luas

×

5 Tips Menata Rumah Type 36 Agar Terkesan Lebih Luas

Share this article
5 Tips Menata Rumah Type 36 Agar Terkesan Lebih Luas

Saat ini rumah dengan type 36 banyak dijadikan pilihan. Apabila Anda ingin membangun rumah, maka tentu tidak ada salahnya apabila memilih ukuran tersebut. Kemudian, pastikan juga menerapkan beberapa tips menata rumah type 36 agar tetap terkesan luas dan nyaman ketika dihuni.

Tips Menata Rumah Type 36

Ketika Anda memilih rumah dengan type 36, maka luas bangunan tersebut akan mencapai 36 m2. Umumnya, tipe tersebut akan terdiri dari beberapa ruangan. Seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Agar lebih rapi, maka simak beberapa tips menatanya di bawah ini:

1. Kurangi Sekat

Tahukah Anda bahwa saat ini sudah hadir jasa desain rumah Bogor yang siap membantu siapa saja untuk menata atau mendesain ulang rumah. Dengan begitu, tidak perlu khawatir lagi apabila rumah tidak terasa nyaman ketika dihuni bersama keluarga. Pasalnya, ada banyak faktor penyebab rumah kurang nyaman.

Salah satunya adalah penataan ruangan yang keliru. Untuk rumah type 36 sendiri ada baiknya untuk mengurangi jumlah sekat pada setiap ruangannya. Tentu saja, cara ini sangat efektif untuk menghilangkan kesan sempit. Sebuah ruangan juga akan terasa jauh lebih nyaman dan luas.

5 Tips Menata Rumah Type 36 Agar Terkesan Lebih Luas

2. Perhatikan Penggunaan Warna

Tidak banyak yang menyadari bahwa pada dasarnya, pemilihan warna interior dan eksterior rumah sangatlah penting. Terutama untuk menjadikan hunian tersebut mempunyai kesan lebih luas, nyaman, dan terhindar dari kesan gelap. Lantas, seperti apa penggunaan warna tersebut?

Ada baiknya untuk memilih warna eksterior maupun interior yang cerah. Pasalnya, warna gelap tentu tidak akan cocok untuk hunian dengan ukuran cenderung kecil. Itulah mengapa rumah dengan ukuran 36 sangat cocok untuk menggunakan warna-warna cerah agar terlihat semakin luas dan bersih.

3. Pasang Karpet Lantai

Beberapa orang mungkin bosan ketika melihat lantai rumah. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya apabila Anda menambahkan karpet lantai. Penambahan tersebut tentu bukan tanpa manfaat. Sebuah ruangan akan tampak lebih cantik bahkan terasa lebih luas saat menggunakan karpet.

Apabila memilih karpet, maka direkomendasikan untuk memilih motif vertikal. Dalam dunia desain interior, pemilihan motif tersebut akan menjadikan sebuah ruangan terasa jauh lebih panjang. Hal itulah yang menyebabkan lantai terkesan lebih luas dan panjang. Padahal hanya dengan menambah karpet saja.

4. Maksimalkan Pencahayaan Ruangan

Apabila ingin menjadikan ruangan terlihat jauh lebih luas, maka salah satu tips menatanya adalah dengan memaksimalkan pencahayaan. Pasalnya, rumah dengan ukuran kecil tentu akan terasa jauh lebih suram. Terlebih jika sistem pencahayaannya tidak diperhatikan dengan baik.

Pastikan pencahayaan alami dapat diperoleh dengan baik pada setiap interior rumah. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya apabila menambahkan jendela-jendela besar sebagai jalan masuknya. Tanpa disadari, sebuah ruangan juga akan lebih terang, sehat, bahkan hemat penggunaan energi lebih banyak.

5. Tambahkan Cermin

Siapa yang menyangka bahwa menjadikan ruangan tampak lebih luas pada dasarnya sangat mudah. Salah satunya adalah dengan menambahkan cermin. Keberadaan cermin tersebut dapat memantulkan bayangan ruangan di dalamnya. Tidak heran jika sangat penting untuk digunakan.

Akan tetapi, Anda tidak perlu melapisi semua sisi dinding rumah memakai cermin. Ada baiknya untuk memasang cermin dengan ukuran sesuai kebutuhan saja. Contohnya ukuran yang menyerupai pintu kemudian letakkan pada sudut dinding. Tentu ruangan akan terasa jauh lebih luas.

Itu tadi beberapa tips menata rumah type 36 yang perlu Anda perhatikan. Ada baiknya untuk memperhatikan semua poin tersebut agar rumah dapat terlihat lebih luas. Pengguhi ruangan juga akan terasa jauh lebih nyaman karena terhindar dari kesan sempit ataupun sesak.