10 Makanan Khas Lumajang

10 Makanan Khas Lumajang

Makanan khas Lumajang sebenarnya banyak diincar oleh masyarakat setempat dan juga oleh para wisatawan. Kuliner di daerah ini memang beraneka ragam sehingga selalu tampak menarik dan memikat bagi kebanyakan orang. Bahkan beberapa diantaranya bisa dibawa pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Beberapa contoh makanan khas Lumajang yang terkenal yaitu sebagai berikut.

10 Makanan Khas Lumajang

1. Lontong petis

Salah satu makanan khas Lumajang favorit yang paling banyak dicari di Lumajang adalah lontong petis . Makanan ini menggunakan bahan utama lontong dan petis kemudian disajikan bersama dengan sayur dan daging ayam serta telur. Selain itu ada pula tahu dan aneka lalapan lainnya yang kemudian disiram dengan bumbu khas.

2. Pecel telo

Ada pula makanan khas dari Lumajang yaitu pecel telo yang termasuk kuliner populer. Makanan ini sebenarnya mirip dengan pecel lainnya. Yang berbeda adalah bumbunya yang menggunakan paduan antara kacang dan ubi jalar atau telo.

3. Bledus

Mungkin nama makanan khas Lumajang ini terdengar cukup unik dan asing bagi Anda. Namun makanan ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan menjadi makanan tradisional. Bahan dasar utama makanan ini adalah jagung pipil kering yang direndam selama semalaman dan kemudian direbus hingga jagung pipil ini memiliki tekstur yang lebih empuk.

4. Lupis

Mungkin perjalanan kuliner Anda tidak lengkap jika Anda belum mencoba lupis di Lumajang. Bahan utama lupis adalah beras ketan atau terigu. Di dalamnya biasanya terdapat gula merah cair yang lumer terutama saat Anda menggigitnya. Makanan ini biasanya ditaburi dengan kelapa sehingga terasa lebih gurih.

5. Kue latok

Kue latok juga menjadi jajanan tradisional khas dari Lumajang. Warnanya sangat menarik dan berwarna-warni. Jajanan tradisional ini biasanya ditaburi dengan parutan kelapa. Jajanan ini tampaknya seringkali dijadikan sebagai camilan atau kudapan yang akan menemani Anda saat santai.

6. Kue lapis

Anda mungkin bisa menemukan kue lapis dengan mudah karena jajanan ini semakin mudah ditemukan di mana saja. Sebenarnya jajanan ini berasal dari Lumajang sehingga bsia menjadi kuliner khas dari daerah ini. Jajanan ini dibuat dari beras ketan yang diisi dengan gula merah dan kemudian dibalut dengan menggunakan daun pisang.

7. Keripik pisang

Lumajang memang dikenal sebagai daerah penghasil pisang terbesar di Provinsi Jawa Timur. Maka tak heran bila banyak makanan yang merupakan hasil olahan pisang di daerah ini. Salah satu hasil olahan pisang ini adalah keripik pisang. Anda kini bisa menemukan beraneka ragam varian keripik pisang disini.

8. Tape pisang

Selain keripik pisang ada pula makanan khas Lumajang hasil olahan pisang lainnya yaitu tape pisang. Jajanan ini terasa sangat manis hingga manisnya melekat di lidah. Pisang ini memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga enak untuk dimakan.

9. Martabak

Masakan martabak khas Lumajang terbuat dari adonan tepung terigu dan telur seperti pada martabak lainnya. Setelah digoreng maka martabak ini biasnaya disajikan dengan disiram bumbu petis di bagian atasnya. Tentu saja makanan ini sangat gurih dan nikmat.

10. Keripik nangka

Keripik nangka juga menjadi salah satu dari makanan khas Lumajang. Jajanan ini seringkali dijadikan sebagai oleh-oleh. Tentu keripiki ini renyah dan gurih serta membuat Anda ketagihan.

Makanan khas Lumajang di atas tentu dapat menjadi makanan yang direkomendasikan saat sedang berkunjung ke kota tersebut. Bisa saja aneka macam makanan tersebut menjadi makanan kesukaan Anda. Karena itu sempatkan diri berkunjung ke Lumajang dan nikmati beragam kulinernya dan bisa visit ke makananoleholeh.com untuk menambah pengetahuan seputar artikel makanan.